NATA NUSA PENIDA

Pura Batu Medau

Pura

Pura Batu Medau Nata Nusa Penida

Pura Batu Medau

Pura Batu Medawu Nusa Penida

Pura Batu Medau Nusa Penida merupakan salah satu dari pura terbesar yang ada di Pulau Nusa Penida dan salah satu Pura Tri Purusa di Nusa Penida ( Pura Utama Nusa di Penida ), selain dari Pura Puncak Mundi dan Pura Dalem Ped dan memang sering di kunjungi untuk kegiatan sembahyang dan Tirta Yatra keagamaan Hindu. Pura ini merupakan awal mula dari peradaban budaya orang Nusa Penida, dan sangat disucikan oleh penduduk setempat dan masyarakat Nusa Penida umunnya.

Baca Juga Ulasan di bawah

Pura Puncak Mundi – Puncak tertinggi di Nusa Penida

Sejarah Pura Batu Medau Nusa Penida

Sejarah Pura Batu Medau menurut sejarahnya Nama Pura berasal dari Nama Batu Medau yang berasal dari kata “perahu medah batu” yang berarti perahu yang memecah batu karang. kisahnya berawal dari kisah I Renggan, yang merupakan salah satu cucu dari Dukuh Jumpungan yang berencana mau menaklukan pulau Bali dengan perahu ajaibnya. Dan percaya bisa merubah tanah pulau Bali dan melewati lautan dengan perahu ajaibnya. Tetapi keinginan I Renggan diketahui oleh Bhatara Toh Langkir, yang menyebabkan I Renggan mengalami kebingungan, tidak bisa tidur nyenyak dan tidak bisa mengendalikan kapalnya. Karena susah mengedalikan kapal yang di tumpanginya sehingga menabrak pulau pulau kecil disana di sekitar Padang Bai Karangsem Bali, perahu itu akhirnya berlabuh di Desa Manggis Karangasem.

Karena gagal dalam usahanya menaklukan Bali, I Renggan kembali ke bagian timur Nusa Penida, ketika hendak melabuhkan kapalnya, kembali kapal yang di naikinya lepas kendali dan menabrak Batu Karang yang besar, mungkin itu takdir dari Ida Sang Hyang Widi Wasa, kisah itu harus terjadi. Oleh masyarakat Nusa Penida tempat batu pecah itu di bangunlah Pura sebagai tempat pemujaan yang terkenal dengan nama Pura Batu medawu. Fakta yang menguatkan cerita ini adalah simbolisasi berupa ekor perahu yang menyerupai gundukan batu di Pura Batu Medau, yang berada di Pura Segara.

Konsep dan Fungsi Pura Batu Medau Nusa Penida

Untuk konsep dari Pura Batu Medau adalah Nyegara Gunung yang diartikan Nyegara ( Lautan ) dan Gunung.Perpaduan dari keduanya merupakan simbok dari keindahan dan harmonisasi dari alam semerta. Jika berenana ke Pura ini lebih baik pesan paket tirta Yatra yang sudah include dengan transportasi, tiket fast boat dan lain lainnya. Untuk kegiatan sembahyang dilakukan 3 kali persembahyangan yang pertama di Pura Segara, setelah itu di Pura Taman dan yang terakhir di Pura Penataran Pura Medau.

Hari raya atau dalam bahasa Balinya piodalan tepat jatuh pada buda kliwon wuku pahang setiap 6 bulan kalender Bali sekali. Masyarakat yang menyungsung adalah dari 3 desa yaitu desa adat Kutampi Atas, Kutampi Selatan dan Kutampi Timur

Untuk fungsi dari Pura Batu Medau memang dibangun untuk kegiatan suci agama Hindu masyarakat Nusa Penida, tetapi sudah banyak masyarakat di luar pulau Nusa Penida yang sembahyang ke Pura ini, biasanya mereka dengan rombongan.

Paket Tour Nusa Penida 1 Hari

Lokasi Pura Batu Medau

Untuk Pura Batu Medau lokasi berada di bagian timur dari Pulau Nusa Penida yang percisnya berada di sebelah barat Desa Semaya yaitu Desa Suana Nusa Penida Klungkung Bali. Untuk melihat semua keindahan alam, Budaya dari Nusa Penida anda bisa memesan paket tour murah ke Nusa Penida dari Nata Nusa Penida

Pura Yang lain di Nusa Penida

Tour Nusa Penida

Destination

Related Posts

Menu
Hello
Can i help you
Powered by